Vivo Kenalkan Sistem Operasi Origin OS 4, Apa Manfaatnya?

0
Origin OS 4

Gadgetdiva.id — Tak ingin ketinggalan oleh Xiaomi dan Huawei, Vivo meluncurkan sistem operasi terbarunya yang bernama Origin OS 4. Sistem operasi tersebut diluncurkan pada perhelatan Vivo Developer Conference pada Rabu (1/11).

Dalam Origin OS 4 ini, Vivo membawa banyak fitur baru, desain antarmuka yang baru dan peningkatan kinerja lainnya. Hanya saja, perangkat tidak akan meluncurkan sistem operasi ini pada perangkat di luar pasar China.

Sementara, semua perangkat internasional telah dikonfirmasi akan menerima pembaruan Funtouch 14. Lantas, apa saja sih keunggulan yang diabwa oleh Origin OS 4?

Origin OS 4

Keunggulan Origin OS 4

Melansir dari GSM Arena, Origin OS 4 membawa peningkatan kinerja termasuk dalam merespon aplikasi yang lebih cepat, diaktifkan oleh “kartu grafis virtual”. Hal ini dapat mengurangi waktu membuka dan menutup aplikasi sebesar 36% dan meningkatkan stablitas frame rate sebesar 70%.

Kemudian, sistem operasi ini memperioritaskan kinerja utamanya pada layar. Dimana Origin OS 4 mengalokasikan lebih banyak sumber daya dari CPU dan GPU serta dapat memblokir “perhitungan yang tak relevan”.

Origin OS 4

Dari sisi visual, sistem operasi Vivo ini membawa lebih dari 2.000 ikon yang dirancang ulang. Fungsinya ialah tentu untuk meningkatkan kenyamanan visual.

Selain itu, Vivo juga membawa font Vivo Sans khusus di seluruh sistem. Ada juga interaksi UI dengan efek buram real time, wallpaper kontekstual dan penyesuaian lock screen.

Origin OS 4

Sementara, versi terbaru dari Origin OS juga dilengkapi dengan Vivo smart car 4.0. Merupakan alternatif merek untuk Android Auto yang tak tersedia di China. Antarmuka ini akan ditampilkan saat smartphone terhubung dengan mobil yang mendukung antarmuka ini.

Fitur khusus perangkat China lainnya ialah Asisten Blue Heart Jr V baru yang didukung oleh AI. Ada juga fitur Family Health yang dapat melacak perangkat pintar lainnya milik anggota keluarga dalam widget.

Origin OS 4

Sistem operasi OriginOS 4 ini akan mulai tersedia pada akhir tahun ini. Adapun daftar perangkat yang akan mendapatkannya secara perdana, yakni Vivo X Fold2, X Flip, X90, X90 Pro dan X90 Pro+ versi China. Serta, iQOO 11, iQOO 11S, dan iQOO 11 Pro. Plus, vivo X100 dan iQOO 12 yang akan segera dirilis.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan