Chipset Google Tensor G4 Bakal Bawa Efisiensi yang Lebih Baik

0
Google Pixel 8

Gadgetdiva.id — Google Pixel 9 Series disebut akan menjalankan chipset Tensor G4. Prosesor tersebut akan diproduksi oleh Samsung Electronics Foundry.

Kabar tersebut disampaikan oleh Gizmochina dari Financial News. Mengindikasikan bahwa ini merupakan kolaborasi antara Google dan Samsung.

Tensor G4 disebut akan menggunakan proses 4 nanometer. Diklaim sebagai prosesor 4nm tercanggih Samsung yang dilengkapi oleh FOWLP (Fan-out Wafer Level Packaging).

Berdasarkan laporan tersebut, chipset ini telah membawa peningkatan manajemen termal, efisiensi daya dan kinerja. Disebut bawha Tensor G3 sebelumnya dilaporkan gagal dibandingkan pesaingnya.

Laporan ini juga menyatakan bahwa keputusan Google untuk memilih proses 4nm Samsung Electronics berasal dari penerimaan positif terhadap chipsst Samsung Exynos 2400 yang digunakan oleh Galaxy S24 Series.

Ini artinya, kesuksesan chipset Exynos 2400 ini tentu akan semakin memperkuat reputasi Samsung sebagai produsen semikonduktor yang mumpuni.

Membahas seputar bocoran spesifikasinya, SoC ini  akan menyertakan GPU ray-tracing berbasis perangkat keras. Maka, tak mengherankan jika Samsung trlah mengintegrasikannya dengan prosesor Exynos mereka selama beberapa generasi saat ini.

Lebih lanjut, rumor menunjukkan bahwa Google akan tetap menggunakan arsitektur 3-core yang telah teruji dan menampilkan core Cortex-X4, Cortex-A720 dan Cortex-A520. Kendati, jumlah ini pastinya masih belum diketahui. Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut dari chipset Tensor G4.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan