Google Hadirkan Izin untuk Fitur Auto-Reset untuk Android 6 ke Atas

0
210
Auto-reset

Google dikabakan hadirkan izin untuk fitur auto-reset untuk Android 6 ke atas. Fitur tersebut disebut Permissions auto-reset.

Dilansir dari Ghacks.net, saat Android 11 diluncurkan tahun lalu, sistem operasi tersebut membawa fitur permissions auto-reset. Dimana opsi tersebut mencabut izin yang kamu berikan untuk aplikasi, jika sistem operasi tersebut mendeteksi bahwa kamu sudah lama tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Kabar baiknya adlah Google kembali mem-porting fitur tersebut ke dalam versi Android yang lebih lama. Bagaimana mungkin? Melalui kerangka Google Play Services.

Jika ponsel Android kamu dikirimkan Google Play Store di luar kotak, kerangka kerja telah terpasang. Google terus memperbarui backend untuk memperbaiki patch, memastikan perangkat dapat mengakses Google Play Store.

Kerangka kerja ini juga digunakan oleh banyak aplikasi untuk mengirimkan pesan dan pemberitahuan. Kembali ke topik awal, raksasa pencarian ini mengatakan bahwa mereka akan merilis pembaruan ke dalam Google Play Service yang akan menghadirkan fitur pengaturan ulang otomatis izin untuk perangkat yang berjalan pada versi Android yang lebih lama, lebih khusus lagi dan mendukung ponsel yang ada di Android 6 hingga Android 10.

Artikel pengumuman yang telah dipublikasikan dalam blog Developer Android ini, menyatakan bahwa perubahan tersebut akan memengaruhi miliaran perangkat. Lalu, ketika pembaruan diinstal, fitur keamanan akan diaktifkan secara default. Langkah tersebut akan disambut baik.

Aplikasi yang telah diaktifkan sebagai aplikasi Device Administrator dikecualikan dari aturan ini, akan tetapi ini biasanya adalah aplikasi tingkat lanjut yang digunakan oleh power user.

Pengumuman tersebut juga mencatat bahwa pengembang dapat meminta pengguna untuk menonaktifkan pengaturan ulang otomatis, jadi jika kamu pernah melihat aplikasi yang meminta kamu untuk mengaktifkan opsi pengaturan ulang izin, jangan khawatir dengan perintah tersebut.

Pembaruan Google Services ini akan mulai diluncurkan mulai Desember 2021. Jika kamu melewatkannya, Android 12 akan dirlis dalam beberapa minggu.

Baca juga, 6 Fitur baru Android 11 ini sudah bisa kamu pakai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here