Webinar UNITY: Industri Gaming Perlu Lakukan Pemerataan Stimulus

0
33
Industri Gaming

Gadgetdiva.id — Robby Arianto selaku Marketing Coordinator Fantech Indonesia membeberkan bahwa industri gaming perlu melakukan pemerataaan stimulus di seluruh Indonesia. Pernyataan ini ia nyatakan pada Webinar UNITY UniPin yang dilakukan Jumat (15/4) lalu.

Pemerataan stimulus ini dilakukan agar popularitas platform game PC khususnya FPS bisa terus eksis. Meski, kian tersaingi dengan platform mobile yang kian menjamur dalam industri gaming.

Indsutri Gaming

Menurut Robby, kini pasar FPS dalam industri gaming Indonesia sangat besar. Namun, stimulusnya masih sedikit. Sehingga, perlu ada stimulus masif. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan event di wiliayah Indonesia lainnya selain Jakarta.

“Pasar FPS di Indonesia sebenarnya besar banget, tapi yang terstimulus baru sedikit. Perlu ada stimulus  yang lebih masif seperti pengadaan event yang tidak tersentral hanya di Jakarta, tetapi juga merangkul  para pemain di seluruh Indonesia,” ujar Robby Arianto dalam webinar “Perkembangan FPS Games di Indonesia” pada Jumat (15/4) lalu. 

Tak hanya membahas seputar persaingan antara FPS dan Mobile gaming, webinar UNITY yang diadakan oleh UniPin dan dihadiri oleh Monica “Momochan” Mariska dan Kevin “Eeyore” Gunawan juga membahas seputar perkembangan game FPS di Indonesia.

Kerap terjadi persaingan dalam industri gaming

Kini, persaingan yang terjadi dalam industri Gaming bukan hanya antar-platform. Namun, juga antar-genre. Menurut Momochan sebagai shoutcaster Valorant, untuk bersaing dengan genre game lainnya, game publisher perlu terus melakukan regenerasi terhadap game FPS agar tetap relevan.

Industri Gaming

“Regenerasi itu penting. Pemain-pemain muda punya reflek yang lebih bagus, cara berpikirnya bisa lebih  cepat, meski decision making-nya masih belum tentu bagus, tapi refleknya masih lebih baik daripada  pemain yang usianya 25 ke atas. Regenerasi ini perlu dipikirkan oleh developer-developer yang ingin game nya bertahan di scene esports,” ujar Momochan. 

Sementara itu, Eeyore sebagai seorang permain profesional Valorant turut berbagi tips. Khususnya, bagi Paradiva yang ingin terjun ke industri gaming secara profesional.

“Pertama, koneksi itu penting. Namun, kalau enggak ada koneksi ke sana, kalian kan pasti punya teman,  bikin aja tim sama teman-teman. Pokoknya masuk aja tim manapun, rajin ikut turnamen, nanti pasti dilirik.  Jika kalian memang punya potensi dan bakat, pasti nanti akan ada yang lihat,” tutup Eeyore. 

Industri Gaming

Webinar UNITY dari UniPin

Industri Gaming

UNITY sendiri secara rutin dan aktif menggelar webinar setiap bulannya. Bulan ini, salah satu topik yang dibahas oleh webinarnya adalah Perkembangan FPS Games di Indonesia. 

Dalam webinar tersebut, mereka turut mengundangMonica “Momochan” Mariska seorang shoutcaster Valorant, Kevin  “Eeyore” Gunawan seorang pemain Valorant untuk Persija Esports, serta Robby Arianto selaku Marketing  oordinator Fantech Indonesia sebagai narasumber. Ketiganya banyak berbagi pandangan mengenai game FPS sesuai dengan  ranah profesi mereka. 

Webinar UNITY sendiri merupakan sebuah wadah edukasi terkait industri gaming dan Esports. Seluruh webinar UNITY ini dapat disaksikan kembali di kanal Youtube UniPin – UniPin Gaming. Paradiva bisa mengikuti beragam kegiatan yang dihadirkan oleh UNITY, UniPIn academy dan webinar lainnya yang dapat diakses melalui akun Instagram resmi @unipincommunity.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini