Newzoo: Pendapatan Esport Dunia 2022 Tembus Rp19,8 Triliun

0
pendapatan esport dunia

Gadgetdiva.id — Pendapatan esport dunia diprediksi akan meningkat pesat, jika merujuk dari laporan baru Newzoo tahun ini. Intinya, esport dunia akan semakin meningkat pesat, khususnya dari sisi revenue. Menurut laporan tersebut, sampai akhir tahun ini, pendapatan esports di dunia akan menembus angka USD1,38 miliar atau setara Rp19,8 triliun.

Selain memprediksi pendapatan esports dunia di 2022, Newzoo juga menemukan jika pada 2025 pertumbuhannya pun akan signifikan. Dimana di tahun tersebut, revenue dari industri esport secara global akan naik menjadi USD1,86 miliar. Yang menarik, masih menurut laporan tersebut, sekitar sepertiga dari revenue yang dihasilkan esport, akan berasal dari China.

pendapatan esport dunia

“Meskipun banyak saluran pendapatan dari industri esport, namun kami memprediksi kontribusi terbanyak dari revenue tersebut berasal dari sponsorship. Kami prediksi, sekitar 60 persen atau sekitar USD837,3 juta total pendapatan esport akan berasal dari sponsorship,” tulis laporan tersebut.

Temuan baru dari laporan tersebut menunjukkan jika wilayah berbeda didominasi jenis esport yang berbeda pula. Seperti game PC yang mendomiinasi pasar negara maju seperti Amerika Utara, Eropa, China, Korea Selatan, dan Jepang. Sedangkan game-game mobile mendominasi di negara berkembang seperti Amerika Latin, Afrika dan Timur Tengah, Asia Tenggara dan India.

Pendapatan eSport Dunia

Newzoo memprediksi jika penonton esport juga akan meningkat dari sisi jumlah. Akhir tahun ini, jumlah pemirsa kompetisi esport akan mencapai angka 532 juta, sedangkan pada 2025 jumlahnya lebih meningkat lagi, sampai 640,8 juta.

pendapatan esport dunia

Secara umum, Newzoo memprediksi adanya pertumbuhan yang cukup signifikan dalam industri livestreaming di esport secara keseluruhan. Pasalnya, di 2021, Newzoo menemukan adanya revenue mencapai 810 juta pada tahun 2021. Konten non-game menyumbang 21 persen dari konten livestreaming yang ditonton di tahun tersebut.

Twitch adalah platform terbesar untuk streaming game di negara barat. Sedangkan YouTube Gaming menjadi yang terbesar kedua setelahnya. Tahun lalu keduanya masing-masing mencatat hampir 20 miliar jam bermain game dan 4,7 miliar jam menonton game.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini