Selamatkan data pribadi di Google agar tenang saat kita mati

Saat ini kita hidup di dunia dunia. Dunia nyata dan maya. Bedanya, ketika kita meninggal di dunia nyata, kita tetap dianggap ‘hidup’ di dunia maya. Data-data kita akan tetap tersimpan di Google dan bisa diapakan saja. Makanya penting untuk selamatkan data pribadi sehingga kita bisa meninggal dengan tenang.

Google merupakan raja digital, ‘Tuhan’ yang menguasai dunia maya, termasuk data-data pribadi yang kita berikan saat browsing internet, saat mengakses media sosial, bahkan saat membeli barang dan menggunakan jasa aplikasi. Yang paling krusial adalah data rekening bank anda yang masih tersimpan, walau anda hanya melakukan satu kali pembelian.

Nah, ketika kita meninggal, apa yang akan terjadi dengan data-data kita di dunia maya, hanya Tuhan dan Google yang tahu. Oleh karena itu, Google memberikan kesempatan kepada kita untuk memberikan kuasa kepada orang yang kita pilih untuk mengelola data pribadi kita, atau bahkan menghapusnya. 

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk selamatkan data pribadi kita agar tak disalahgunakan oleh Google. Tools ini memungkinkan anda untuk bisa memilih ‘ahli waris’ anda di dunia maya, atau meminta Google untuk menghapus semua data dan akun kamu di dunia maya untuk selamanya.

Langkah pertama adalah login ke akun Google kamu, lalu cari Inactive Account Manager. Nantinya kamu akan diarahkan terlebih dahulu ke halaman penjelasan berisi informasi tentang apa itu Inactive Account Manager. Jika sudah paham dengan isinya, kamu bisa langsung menekan tombol Start.

Nantinya akan muncul pilihan berapa lama Google diperboleh untuk menghapus akun kamu, jika diketahui akun kamu tak lagi aktif dalam waktu yang lama. Ada pilihan 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 18 bulan.

Misalnya ketika kamu memilih 3 bulan, Google akan secara otomatis mendeteksi jika tak ada aktivitas apapun di akun kamu selama 3 bulan. Namun tidak semudah ikut Google akan menghapus akun kamu. Google akan melakukan re-check dan memastikan apakah kamu benar-benar tidak aktif lagi di dunia maya. Caranya dengan mengirimi SMS berkali-kali ke nomor telepon yang sudah kamu masukkan sebelumnya. SMS itu akan dikirim sebulan sebelum tenggat 3 bulan tersebut habis.

Untuk mengaktifkan fitur penghapusan akun (deaktivasi akun), sudah barang tentu kamu harus memberikan nomor telepon kamu, dan juga mengkonfirmasi alamat email kamu.

Tak berhenti sampai situ, Google juga akan meminta kamu memilih lebih dari 10 nama untuk memberikan notifikasi bahwa akun kamu telah non-aktif. Nantinya 10 orang ini juga akan memiliki akses ke beberapa data pribadi yang kamu punya di dalam Google. Untuk mengaktifkan fitur itu, tinggal klik Add Person lalu masukkan nama email orang yang kamu percaya itu.

Jika kamu tak ingin temanmu bersedih nanti saat kamu tiada, bisa juga langsung meminta Google untuk langsung menghapus data kamu. Jika tidak maka orang-orang terpercaya yang sudah kamu pilih harus menunggu sampai 3 bulan untuk meminta akses mendownload konten yang ada di akun kamu.

Semua data-data kamu sudah tidak bisa diakses, termasuk login ke Youtube, Facebook dan jejaring media sosial.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.