Nokia dan XL Axiata Sukses Tingkatkan Jaringan 5G di Jawa Tengah

0

Gadgetdiva – Hari ini, Nokia mengumumkan kesuksesan proyek lima tahun bersama XL Axiata, salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mereka berhasil modernisasi sekitar 4.400 situs yang sudah ada dengan meng-upgrade jaringan dan menambahkan situs-situs baru. XL Axiata menggunakan solusi Nokia untuk membangun jaringan 5G di empat kota di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Semarang, Yogyakarta, Surakarta, dan Pekalongan pada tahun 2023.

Saat ini, pengguna XL Axiata di wilayah tersebut dapat menikmati jangkauan jaringan yang lebih luas dan kualitas yang lebih baik. Sebagai contoh, selama liburan Lebaran 2023 dan Natal serta Tahun Baru (NARU) 2023, wilayah Jawa Tengah mencatat pertumbuhan payload tertinggi hingga 27% dibandingkan dengan wilayah lainnya. Selain itu, XL Axiata juga memimpin dalam hal latensi rendah dibandingkan dengan operator lain di wilayah tersebut, menurut data benchmarking yang dapat dipercaya.

XL Axiata telah menerapkan berbagai program dari Nokia, seperti AirScale, Dynamic Spectrum Sharing (DSS), dan Network Performance Improvement (NPI), serta melakukan modernisasi jaringan dan peningkatan kapasitas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan. Perusahaan juga menggunakan layanan pemeliharaan dan dukungan jaringan dari Nokia untuk memastikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan. Proses modernisasi jaringan di Jawa Tengah dilakukan oleh Nokia tanpa mengganggu aktivitas pelanggan.

XL Axiata berkomitmen untuk membangun jaringan 5G menggunakan teknologi Nokia 5G di 4 kota di Jawa Tengah. Infrastruktur 5G ini akan digunakan sebagai basis pengembang aplikasi untuk uji coba dan menyebarkan aplikasi 5G mereka. XL Axiata dan Nokia juga telah menandatangani MOU Co-Development Program on 5G Cloud RAN pada Executive Review Meeting di kantor pusat Nokia, di Finlandia, sebagai kolaborasi untuk mempersiapkan XL Axiata dalam berbagai penerapan 5G di masa yang akan datang.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata Indonesia, I Gede Darmayusa, mengemukakan, “Kami sangat senang dengan pelaksanaan proyek yang berjalan lancar dan tepat waktu. Berkat jaringan yang dimodernisasi, kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan XL Axiata akan jangkauan dan kinerja jaringan terbaik di kelasnya. Ke depannya, kami juga menantikan kerja sama dan kolaborasi selanjutnya dengan Nokia.”

Nokia Head of Market Unit Indonesia, Ozgur Erzincan, mengatakan, “Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang melibatkan penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman bagi penggunanya. Kami senang bahwa solusi kami membantu XL Axiata dalam proses modernisasi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 5G. Kini, XL Axiata memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya.”


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan