Instagram Jadi Platform Medsos Andalan Gen Z Selama Tahun 2023

0
Instagram
Foto: Unsplash/Creative Christians

Gadgetdiva.id — Laporan Invinyx dan Jakpat mengungkap adanya tiga aplikasi media sosial paling sering diakses oleh kalangan Gen Z sepanjang tahun 2023. Yakni, Instagram, Youtube dan TikTok.

Instagram menjadi platform Instagram menjadi
platfrom media sosial pilihan Gen Z. Dengan presentase sebesar 94% dari responden.

Aplikasi Instagram ini diikuti oleh Youtube dengan persentase 91% responden. Kemudian, diikuti oleh TikTok dengan persentase sebesar 81% dari responden.

Lebih lanjut, laporan ini juga mengungkap temuan menarik lainnya. Ada 3 format konten paling diminati di media sosial, yakni vlog, podcast dan story.

Instagram
Foto: Pixabay/Island Works

Jika diklasifikasi berdasarkan gender, pengguna perempuan lebih menyukai format konten vlog dan foto. Sedangkan, pengguna laki-laki lebih menyukai format konten live streaming dan giveaway.

Temuan lainnya menyatakan bahwa hiburan menjadi jenis konten teratas yang paling populer ditonton di media sosial oleh responden dengan persentase hingga 88%. Diikuti oleh genre kuliner sebesar 84% dan fesyen sebesar 65%.

Kuliner juga menjadi produk paling populer untuk dibeli oleh responden dalam platform media sosial. Di kalangan Gen Z, mereka cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan dan fesyen.

Sedangkan, produk kuliner dan perangkat elektronik lebih populer di kalangan Gen X dan Gen Y.

Terdapat faktor penting yang memengaruhi responden untuk membeli produk di platform media sosial. Yakni, memiliki tautan atau link produk pada konten promosi yang dilakukan oleh key opinion leader guna memudahkan responden dalam menemukan produk.

Instagram
Foto: Unsplash/Nathana Reboucas

Laporan tersebut terungkap dalam sebuah riset bertajuk Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial. Mengungkap seputar perilaku masyarakat Indonesia dalam bermedia sosial.

“Dengan laporan ini, harapan kami dapat menjadi jembatan antara pelaku industri, marketer, key opinion leader dan instansi terkait agar dapat memaksimalkan strategi pemasaran di era digital yang dinamis,” ungkap Research Lead Jakpat Farida Hasna Annuha dalam pernyataan resminya, Rabu (27/3).


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan