Scarlett Johansson Tuntut Aplikasi AI, Kenapa?

0
Scarlet Johansson
Scarlett Johansson (Ist)

Gadgetdiva.id — Scarlett Johansson menuntut sebuah aplikasi AI karena menggunakan suaranya tanpa izin untuk iklan online. Merupakan iklan untuk editor gamar AI yang bernama Lisa AI: 90s Yearbook & Avatar.

Laporan tersebut disampaikan oleh Variety. Iklan tersebut berdurasi 22 detik yang menunjukkan Scarlett Johansson sedang berada di belakang layar saat syuting Black Widow.

“Apa kabar teman-teman? Ini Scarlett dan saya ingin kalian ikut dengan saya,” ucapnya dalam iklan tersebut yang dikutip dari The Verge, Kamis (2/11).

Suara yang tersebut dibuat berdasarkan teknologi AI semirip mungkin dengan Scarlett. Kemudian, iklan tersebut menampilkan transisi yang mejauh dari Scarlett. “Ini tidak terbatas pada avatar saja. Anda juga bisa membuat gambar dengan teks dan bahkan video AI anda. Saya rasa anda tidak boleh melewatkannya.”

Lisa AI sendiri dikembangkan oleh Convert Software. Dalam bagian bawah iklan, tertulis bahwa iklan tersebut tidak ada hubungannya dengan Scarlett.

Perwakilan Scarlett menegaskan bahwa mereka akan membawa kasus ini untuk ditangani oleh pihak hukum. Mereka tidak aakn mengganggap enteng masalah tersebut.

“Kami tidak menganggap enteng hal ini. Sesuai dengan tindakan yang bisa kami lakukan dalam situs seperti ini, kami akan menanganinya dengan semua upaya hukum yang kami miliki,” ungkap Penguasa Hukum Kevin Yorn kepada Variety.

Baik Yorn maupun Convert Software tidak menanggapi permintaan komentar terkait tindakan hukum tersebut.

Seiring dengan mudahnya AI diakses, kita pasti akan melihat kasus serupa di masa depan. Para  musisi sudah bersaing dengan voice-cloning yang dapat membuat seolah-olah Drake sedang merilis single baru atau Johnny Cash meng-cover lagu Taylor Swift.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan