Gunakan 6 Cara Ini Untuk Meminimalisir Jejak Digitalmu di Internet

0
119
Jejak Digital
Foto: Unsplash/Christin Hume

Kita sering kali bertanya-tanya bagaimana caranya menghapus jejak digital di internet. Kenyataannya, kamu tidak dapat sepenuhnya menghapus diri dari internet, namun kamu dapat meminimalisirnya.

Jejak digital yang dimaksud ialah informasi pribadi yang kita lampirkan di sosial media. Maupun, platform lainnya yang membutuhkan data pribadi.

Untuk menjawab pertanyaanmu tersebut, Paradiva menemukan beberapa cara untuk meminimalisir jejak digitalmu di internet. Dilansir dari CNET, ada enam langkah yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir jejak digitalmu di internet.

Namun, Paradiva harus tetap berhati-hati. Pasalnya, menghapus informasi dari internet dapat berdampak buruk pada kemampuan kamu untuk berkomunikasi dengan calon pemberi kerja.

6 Cara Meminimalisir Jejak Digital di Internet

Hapus atau menonaktifkan akun belanja, media sosial dan layanan web

Pikirkan tentan jaringan mana kamu memiliki profil media sosial. Selain yang besar seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, apakah kamu masih memiliki akun Tumblr, MySpace atau Reddit.

Untuk menghapus akun ini, buka pengaturan akun kamu dan cari opsi untuk menonaktifkan menghapus atau menutup akun kamu. Tergantung pada akunnya, kamu mungkin menemukannya di bawah opsi Privacy atau Security.

Jika kamu mengalami masalah dengan akun online tertentu, coba cari cara untuk menghapusnya di Google dengan keyword “Cara menghapus”, diikuti dengan nama akun yang ingin kamu hapus.

Kamu harus dapat menemukan beberapa instruksi tentang cara menghapus akun tertentu. Jika karena alasan tertentu ada akun yang tidak dapat dihapus, ubah infor di akun menjadi selain info kamu yang sebenarnya. Sesuatu yang palsu atau benar-benar acak.

Hapus diri kamu dari situs pengumpulan data

Ada beberapa perusahaan yang mengumpulkan data diri kamu. Mereka disebut pialang data dan mereka memiliki nama seperti Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder dan lainnya. Mereka mengumpulkan data dari semua yang kamu lakukan secara online dan kemudian data tersebut dijual kepada pihak yang berkepentingan. Sebagian besar untuk mengiklankan dan menjual barang secara lebih spesifik kepada kamu.

Sekarng kamu dapat mencari sendiri di beberapa situs ini dan kemudian menangani setiap situs satu per satu untuk menghapus nama kamu. Masalahnya, prosedur untuk memilih keluar dari setiap situs berbeda dan terkadang melibatkan pengiriman fax dan mengiis dokumen fisik yang sebenarnya.

Bagaimanapun, cara yang lebih mudah untuk melakukannya adalah dengna menggunakan layanan seperti DeleteMe di joindeletme.com. Hanya dengan $129/tahun, layanan ini akan melewati semua rintangan monoton untuk kamu. Ia bahkan akan memeriksa kembali setiap beberap bulan untuk memastikan nama kamu belum ditambahkan kembali ke situs-situs tersebut.

Berhati-hatilah: Jika kamu menghapus diri kamu sendiri dari situs pialang data ini, sebagian data ini, sebagian besar kamu juga akan menghapus diri kamu sendiri dari hasil pencarian Google, sehingga membuat lebih sulit bagi orang untuk menemukan kamu.

DeleteMe juga memberi kamu satu set panduan DIY tentang cara menghapus diri kamu sendiri dari masing-masing broker data jika kamu ingin melakukan prosesnya sendiri.

Hapus informasi kamu langsung dari situs web

Pertama, tanyakan kepada perushaan telepon atau penyedia seluler kamu untuk memasitkan kamu tidak terdaftar secara online dan meminta mereka menghapus nama kamu jika memang demikian.

Jika kamu ingin menghapus posting forum lama atau blog lama yang memalukan, kamu harus menghubungi webmaster situs tersebut satu persatu. Kamu dapat melihat bagian Tentang Kami atau Kontak di situs untuk menemukan orang yang tepat untuk dihubungi atau kunjungi www.whois.com dan cari nama domain yang ingin kamu hubungi.

Hapus informasi pribadi dari situs web

Jika seseornag mengeposkan informasi sensitif milik kamu seperti nomor Jaminan Sosial atau nomor rekening bank dan webmaster dari situs yang mengposkannya tidak akan menghapusnya, kamu dapat mengirimkan permintaan penghapusan ke Google untuk menghapusnya.

Proses penghapusan bisa memakan waktu dan tidak ada jaminan hal tersebut akan berhasil. Akan tetapi, juga jalan terbaik kamu jika kamu menemukan diri kamu dalam situasi rentan ini.

Hapus hasil pencarian yang kadaluwarsa

Katakanlah ada halaman web dengan informasi tentang kamu yang ingin kamu singkirkan, seperti halaman staf mantan boss kamu, beberapa bulan setelah kamu berganti pekerjaan. Kamu menjangkau agar mereka memperbarui halaman.

Namun, pada akhirnya kamu akan menemukan namamu kembali di Google. Halaman tersebut masih muncul di hasil pencarian kamu — meskipun nama kamu tidak dapat ditemukan dimana pun saat kamu mengeklik tautannya. Ini berarti halaman versi lama di-cache di server Google.

Di sinilah alat ini masuk. Kirim URL ke Google dengan harapan akan memperbarui servernya, menghapus hasil pencarian yang di-cache sehingga kamu tidak lagi dikaitkan dengan halaman tersebut. Tidak ada jaminan Google akan menghapus info yang di-cache karena suatu alasan, akan tetapi ada baiknya mencoba menghilangkan sebanyak mungkin keberadaan online kamu dari internet.

Ikuti langkah terakhir ini yang harus kamu ambil

Langkah terakhir yang harus kamu ambil adalah menghapus akun email. Bergantung pada jenis akun email yang kamu miliki, jumlah langkah yang akan diambil bervariasi.

Kamu harus masuk ke akun kamu dan menemukan opsi untuk menghapus atau menutup akun. Beberapa akun akan tetap terbuka untuk jangka waktu tertentu jika kamu ingin mengaktifkannya kembali.

Alamat email diperlukan untuk menyelesaikan langkah sebelumnya, jika kamu memastikan ini adalah yang terakhir.

Baca juga, Ikuti 3 Tips Ini Untuk Bikin Video Transisi ala SnackVideo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here