Youtube dan Facebook Jadi Media Sosial Paling Banyak Digunakan di AS

0
Facebook dan Youtube

Gadgetdiva.id — Sebuah studi di Amerika Serikat menyatakan TikTok adalah platform media sosial dengan perkembangan paling cepat. Meski, platform dengan pengguna terbanyak ialah Youtube dan Facebook.

Studi tersebut diterbitkan oleh Raw Research Center terkait penggunaan media sosial orang dewasa di Amerika Serikat. Studi ini melibatkan sekitar 5.733 orang dewasa dan dilakukan sejak 19 Mei hingga 5 September 2023.

Berdasarkan hasil survei yang dikutip oleh Engadget, Youtube dan Facebook masih mendominasi jumlah pengguna terbanyak. Dengan 83% responden menyatakan mereka pengguna Youtube, sementara 68% di antaranya pengguna Facebook.Facebook dan Youtube

Peringkat ketiga diduduki oleh Instagram, ditemukan 47% dari responden ialah pengguna platform Meta tersebut. Kemudian, diikuti oleh Pinterest (35%), TikTok (33%), LinkedIn (30%), WhatsApp (29%), dan Snapchat (27%).

Pertumbuhan TikTok disebut paling menonjol di antara platform media sosial lainnya. Sebab, platform milik ByteDance ini mengalami lonjakan 12 poin dari 20% pada dua tahun sebelumnya.

Selanjutnya, Reddit dan X, masing-masing memiliki angka 22%. Ditemukan sedikit masalah setelah Elon Musk mengubah nama Twitter menjadi X serta mengangkat CEO baru ketika survei sedang berlangsung.

Jumlah pengguna X dilaoorkan turun dalam dua tahun. Sebelumnya, platform memiliki angka 23% di tahun 2021.

Sementara itu, Reddit naik empat poin dari 18 persen pada dua tahun sebelumnya. Meskipun kontroversi API dalam platform tersebut terjadi saat survei dilakukan.

Mayoritas pengguna Youtube dan Facebook ini hadir dari setiap demografi usia. Meski, masih ada kesenjangan kelompok usia.

Terutama di antara pengguna Youtube, misalnya 93% dari mereka berusia 18 hingga 29 tahun. Sedangkan, 60% di antaranya berusia 65 tahun ke atas. Sementara, Facebook hanya memiliki selisih sembilan persen di antara dua demografi usia yang sama.

Perbedaan kelompok usia ini juga terjadi di pada platform Instagram. Ditemukan bahwa 78% responden berusia 29 tahun ke bawah menggunakan platform tersebut, sedangkan 15% berusia 65 tahun ke atas.

Youtube dan Facebook
Foto: Unsplash/Souvik Banerjee

65% responden di bawah umur 30 tahun juga merupakan pengguna Snapchat. Sementara, 4% di antaranya berusia 65 tahun ke atas.

Demografi berusia 40 hingga 49 tahun, yang mencakup Gen-X yang lebih muda dan semua generasi Milenial yang lebih muda, memiliki angka yang sangat tinggi untuk LinkedIn (40%), WhatsApp (38%), dan Facebook (75%).

TikTok ditemukan sangat populer di kalangan pengguna Hispanik dengan angka 49%. Dilaporkan pula bahwa pengguna wanita lebih tinggi 15% daripada pria.

X lebih populer di kalangan orang dewasa dengan pendapatan rumah tangga tahunan minimal USD 100.000 atau sekitar Rp. 1,5 M.

Sementara, LinkedIn memiliki tingkat responden yang lebih tinggi dengan setidaknya gelar sarjana (25 poin lebih tinggi daripada mereka yang memiliki “beberapa pendidikan perguruan tinggi” dan 43 persen lebih tinggi daripada mereka yang berpendidikan sekolah menengah atau kurang).


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan