Susul Gojek, Blibli buka layanan telemedicine check COVID-19

Susul Gojek, Blibli gandeng Halodoc menyediakan fitur “Cek Kesehatan”, yaitu akses ke layanan medis jarak jauh, atau layanan telemedicine check Covid-19, melalui situs website dan aplikasi Blibli. Layanan telemedicine check COVID-19 ini sebelumnya juga dihadirkan Gojek bersama Halodoc dengan menggandeng Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk bantu penanganan COVID-19.

Baca juga, Begini cara Gojek beri akses check COVID-19 secara online

Dengan layanan ini, paradiva bisa melakukan konsultasi online dengan dokter jika menunjukkan gejala ringan untuk mengurangi beban pemeriksaan tenaga medis di rumah sakit.

Fitur “Cek Kesehatan” bisa menghubungkan paradiva ke dokter-dokter yang berada di Halodoc agar dapat berkonsultasi mengenai gejala-gejala COVID-19. Selain itu, Blibli juga menghadirkan fitur “Kenali Gejala COVID-19″ yang akan membawa paradiva ke informasi medis mengenai COVID-19 yang telah disiapkan oleh Halodoc.

Fyi, berdasar data WHO sekitar 80% pasien COVID-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan dan bisa sembuh dengan perawatan rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah untuk mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19.

Adanya layanan telemedis atau konsultasi jarak jauh selain meminimalisir penyebaran penyakit, juga membantu para  dokter dan tenaga medis untuk lebih fokus menangani pasien COVID-19 dengan gejala menengah-parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Yolanda Nainggolan, Vice President of Public Relations Blibli mengungkapkan, “Sebagai platform digital, Blibli bekerja sama dengan Halodoc untuk menyediakan fitur telemedik agar para pelanggan bisa melakukan pemeriksaan tanpa harus ke rumah sakit, dengan demikian mengurangi beban rumah sakit yang kini harus mengerahkan sumber daya pada kasus-kasus menengah hingga parah.”

Yolanda menambahkan bahwa jika para pelanggan membutuhkan tindakan lanjutan, maka dokter dari Halodoc akan merujuk para pelanggan ke rumah sakit yang tepat. Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses informasi medis lebih lanjut tentang pencegahan COVID-19, termasuk dengan physical distancing.

Felicia Kawilarang, selaku VP Marketing Halodoc juga ikut menyampaikan bahwa selain sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menyaring masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, medium, hingga tinggi, kolaborasi ini juga mempermudah masyarakat dalam menerapkan physical distancing karena masyarakat tidak perlu melakukan tatap muka atau keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya terkait dengan kesehatan.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.