iPad lemot? Lakukan Tiga Reset ini untuk menyembuhkannya!

0
Reset iPad

Jika iPad-mu terasa lemot atau kamu mengalami masalah saat memuat aplikasi atau game tertentu, sepertinya kamu harus melakukan reset pada perangkatmu. Terdapat tiga reset yang bisa kamu lakukan. Simak ulasannya!

Lemot, tersendat atau mengalami masalah saat memuat aplikasi atau game tertentu sering kita alami. Namun, sebenarnya perangkat kita masih responsif terhadap sentuhan. Maka, kamu harus coba melakukan soft reset.

Cara Melakuan Soft Reset iPad

Soft reset sendiri hanya mematikan dan menyalakan iPad kamu dan itu dapat memperbaiki banyak masalah. Kamu tidak akan kehilangan data atau pengaturan apa pun dan tidak ada yang akan dihapus dari iPad kamu saat kamu melakukan reset.

Jadi, melakukan soft reset menjadi hal pertama yang harus kamu coba saat memiliki masalah dengan tablet Apple. Berikut cara reset iPad:

  1. Tekan dan tahan tombol Power hingga slider opsi Restart yang mucul di layar.
  2. Drag Slider dari kiri ke kanan layar untuk emamtikan iPad kamu.
  3. Setelah iPad benar-benar mati, tekan dan tahan lagi tombol Power hingga mulai dan kamu melihat logo Apple di layar.

Cara Force Restart iPad

Jika layar iPad kamu nge-freeze atau tidak bisa merespon ketukan seperti biasa, kamu mungkin tidak dapat melakukan soft reset. Saatnya mencoba force restart sebagai gantinya.

Ini hanyalah metode alternatif untuk mematikan dan menyalakan iPad kamu lagi, jadi seperti soft reset, ini tidak akan menghapus apapun dan tidak ada data yang hilang. Lakukan force restart jika ipad kamu tidak responsif.

Jika kamu memiliki iPad dengan tombol Home, seperti iPad Air, berikut cara force restart yang bisa kamu lakukan:

  1.  Tahan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan sampai iPadmu mati dan boot ulang.
  2. Lepaskan jika layarmu sudah menampilkan logo Apple pada layar.

Jika kamu memiliki iPad tanpa tombol Home, seperti iPad Pro 2020, kamu perlu:

  1. Tekan dan Lepas secara cepat tombol untuk menaikkan Volume.
  2. Tekan dan lepas tombol menurunkan Volume.
  3. Lalu, tekan dan tahan tombol Power sampai perangkatmu terestart.

Cara Factory Reset iPad

Jika kamu masih mengalami masalah dengan iPad kamu setelah mencoba kedua reset di atas, maka kamu mungkin perlu melakukan factory reset.

Factory Reset sejatinya akan sepenuhnya menghapus semua yang ada di perangkat kamu. Artinya, semua musik, foto, pesan dan lainnya akan dihapus secara permanen. Jika kamu memiliki hal-hal yang tidak ingin hilang, kamu harus melakukan backup sebelum iPad-mu sebelum melakukan factory reset.

Kamu dapat melakukan backup ke iCloud atau iTunes terlebih dahulu, kami memiliki panduan bac-up untuk iPhone yang akan berfungsi dengan baik untuk iPad kamu. Setelah melakukan back-up, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan perangkat kamu ke factory reset.

Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan:

  1. Buka Settings > General > Reset dan pilih Erase All Content and Settings.
  2. Pilih Erase iPad, lalu confirm.
  3. Setelah prosesnya selesai, kamu akan disambut dengan layar awal seperti saat pertama kali membelinya. Kamu dapat memilih apakah akan mengaturnya sebagai pengaturan baru atau restore backup.

Baca juga, Tips Fotografi dengan iPhone 12 Pro Max dari Greg William


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan