Aplikasi umma Hadirkan fitur uVoice dan kompetisi Syiar Digital Indonesia 2021

0
165
Fitur uVoice

Menyambut bulan suci Ramadhan, aplikasi umma hadirkan fitur podcast terbaru bernama uVoice, serta beragam fitur lainnya yang mendukung umat berbagi kebaikan dan meng-upgrade keimanan masing-masing.

Di tengah banyaknya konten agama di media digital, masyarakat masih membutuhkan lebih banyak figur berilmu agama untuk dikembangkan dan diangkat ke hadapan publik.

Menurut penelitian Alvara pada tahun 2019 menunjukkan bahwa 78% umat Islam Indonesia lintas generasi masih menjadikan Ustaz dan Ulama sebagai sumber info keagamaan utama.

Oleh karena itu, melalui fitur uVoice ini aplikasi umma tidak hanya memudahkan penggunanya untuk mendengarkan berbagai macam materi keislaman, namun juga memudahkan para pendakwah, tokoh Inspiratif, dan content creator muslim lainnya untuk berkreasi dan berbagi kebaikan dengan mudah, hingga membangun komunitas digital dalam satu platform.

“Selain menyediakan eksposur dan fitur untuk membangun komunitas dan meningkatkan follower, umma juga mendorong pemberdayaan finansial para podcaster di uVoice melalui fitur infaq di dalam channel uVoice masing-masing podcaster yang sudah tergabung di uVoice,” ujar Indra Wiralaksmana, selaku CEO & Co-Founder umma.

Per Maret 2021, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 10,8 juta pengguna. Dengan demikian, setiap content creator yang tergabung memiliki peluang membangun komunitas yang sangat besar melalui aplikasi umma.

Hingga awal April 2021, fitur uVoice menyajikan lebih dari 300 konten yang terbagi ke dalam empat kategori utama, yaitu Kajian Keislaman, murottal Al-Qur’an, Masjid dan topik-topik non-kajian seperti gaya hidup muslim.

Fitur uVoice ini telah didukung oleh lebih dari 100 podcaster seperti Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Fikri Haikal MZ, Ustaz Taufik Al Miftah, Rigen Rakelna, Amritsa Raje, Zein Permana, Imas Karyamah serta beragam komunitas, masjid serta content creator lainnya.

Demi memajukan ekosistem syiar di tanah air, umma juga terus berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas pendakwah dan content creator muslim di era digital. Untuk itu umma menghadirkan kompetisi Syiar Digital Indonesia 2021 yang berjalan sejak Februari hingga Mei 2021.

Dengan tema “Cakap Digital, Cermat Bersyiar”, umma melakukan penjaringan bakat-bakat syiar Islami melalui konten digital yang dibuka untuk masyarakat umum. Kompetisi ini telah menjaring masyarakat umum dengan total peserta lebih dari 600 dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari luar Indonesia.

Memasuki babak akhir di Ramadhan ini, finalis kompetisi Syiar Digital Indonesia 2021 berkesempatan memngembangkan podcast masing-masing menjadi konten uVoice yang merupakan salah satu kriteria penilaian kompetisi. Sehingga harapannya kompetisi ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan eksposur dan jangkauan pendengar yang lebih luas lagi.

“Sebagai platform digital umat Islam yang Rahmatan lil Alamin, umma mendorong banyak ustaz, pendakwah dan content creator untuk menjangkau jamaah lebih luas lagi melalui teknologi,” tambah Indra.

Indra melanjutkan bahwa pengembangan fitur syiar digital uVoice saat ini hadir sebagai kelanjutan dari kesuksesan berbagai fitur lainnya di aplikasi umma yang mendukung para content creator untuk menyebarkan syiar dengan skala yang lebih masif.

“Dengan terus mendengarkan masukan dan kebutuhan pengguna, pada akhirnya umma dapat hadir bagi umat sebagai inkubator bagi content creator muslim secara berkelanjutan,” tutup Indra.

Baca juga, Umma rilis uClass sebagai e-learning muslim pertama di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here