Cara wariskan akun Facebook kamu, biar dihapus kalau kamu udah ‘End’

1
Informsi palsu

Banyak yang bertanya, apa yang akan terjadi dengan akun Facebook kita kalau kita sudah tiada? Bisakah kita wariskan akun Facebook kita? Pasalnya, hanya kita tahu password dari akun Facebook kita, dan tidak mungkin juga Facebook mengetahui satu penggunanya sudah tiada dari miliaran penggunanya yang masih aktif.

Kita pasti pernah mengalami ketika akun dari seseorang yang sudah tiada, kemudian dimunculkan kembali oleh Facebook tepat di hari ulang tahunnya. Langsung deh merinding. Berasa disamperin hantu. Apalagi kalau dia adalah orang yang tersayang, pasti kamu langsung mewek.

Tak mungkin juga bertanya kepada almarhum apa password Facebooknya, agar bisa dihapus. Oleh karena itu, harusnya sejak dini kita bisa wariskan akun Facebook kita kepada orang yang kita percaya.

Facebook rupanya menyadari hal ini. Sosial media terbesar di dunia maya itu memiliki fitur yang bisa membuat kamu tenang kalau suatu saat kamu sudah tiada. Namanya Facebook Legacy, yang memungkinkan kamu untuk memilih orang yang kamu percaya untuk mengurus, sampai menghapus, akun Facebook kamu saat kamu tutup usia.

Lalu bagaimana cara menambahkan kontak pewaris di akun Facebook kamu?

Pertama, masuk ke pengaturan akun dengan mengklik ikon panah ke bawah yang terdapat di pojok kanan Facebook desktop. Jika kamu menggunakan akun mobile, cari saja Pengaturan/Setting.

Masuk ke Pengaturan Umum Akun. Di situ akan tertera Nama, Nama Pengguna, Kontak, dan lainnya. Dua item dari bawah bertuliskan ‘Pengaturan Ubah Jadi Akun Kenangan’ (Tentukan apa yang terjadi pada akun setelah anda meninggal dunia). Klik Edit.

Nah, dari situ, anda akan diminta untuk memilih di antara teman di lingkaran Facebook anda untuk dijadikan kontak pewaris. Jika memang ada saudara, kerabat dekat, anak, suami atau istri, pilih saja mereka untuk menjadi kontak pewaris anda.

Usai dipilih, Facebook akan menyarankan anda untuk mengirimkan pesan notifikasi kepada orang tersebut bahwa dia terpilih sebagai kontak pewaris akun Facebook anda. Jangan lupa, contreng ‘Izin Arsip Data’ agar dia bisa melakukan penyimpanan data-data Facebook kamu, termasuk foto dan video, sebagai kenang-kenangan.

Apa itu kontak pewaris?

Dalam halaman Facebook disebutkan jika

Kontak pewaris adalah seseorang yang Anda pilih untuk menjaga akun Anda jika sudah tiada. Jika Anda menambahkan kontak pewaris ke akun Anda, orang itu akan bisa mengelola akun Facebook pribadi Anda.

Nantinya, orang yang terpilih sebagai kontak pewaris anda bisa melakukan hal-hal berikut, seperti

* Menuliskan postingan yang disematkan untuk profil Anda (misal: membagikan pesan akhir atas nama Anda atau memberikan informasi tentang layanan kenangan).

* Melihat postingan, meskipun Anda mengatur privasinya ke Hanya Saya.

* Menentukan siapa yang bisa melihat dan memposting tribut, jika akun kenangan memiliki area untuk tribut.

* Menghapus postingan tribut.

* Mengubah siapa yang bisa melihat postingan yang menandai Anda.

* Menghapus tanda Anda dari postingan seseorang.

* Menanggapi permintaan pertemanan baru (misal: teman lama atau anggota keluarga yang baru menggunakan Facebook).

* Mengupdate foto profil dan foto sampul Anda.

* Meminta penghapusan akun Anda.

* Jika Anda mengaktifkan tinjauan linimasa, kontak pewaris nantinya bisa menonaktifkan persyaratan untuk meninjau postingan dan tanda sebelum ditampilkan di bagian tribut.

* Anda bisa mengizinkan kontak pewaris untuk mengunduh salinan dari apa yang Anda bagikan di Facebook.

Ke depannya, Facebook akan menambahkan apa saja yang bisa dilakukan kontak pewaris pada akun Facebook anda nantinya. Walaupun bisa melakukan apa saja, namun kontak pewaris akan dibatasi melakukan hal-hal ini,

1. Login ke akun Anda.

2. Membaca pesan Anda.

3. Menghapus teman Anda atau membuat permintaan pertemanan baru.

Jadi kamu mau wariskan akun Facebook kamu ke siapa? Jangan ke mantan ya. Semoga kita selalu sehat dan panjang umur. Aamiinnn…


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan