Spotify Mulai Jajaki Fitur NFT di Platformnya

0
27
Dewan Penasihat Keamanan Spotify

Gadgetdiva.id — Spotify dikabarkan sedang uji coba bagi artis di platformnya untuk menampilkan koleksi non-fungible token alias fitur NFT. Uji coba tersebut telah dilakukan unutk beberapa pengguna Android di Amerika Serikat.

Setelah Instagram yang berhasil membawa fitur NFT ke platformnya, kini giliran Spotify yang dikabarkan mulai jajaki fitur serupa. Fitur NFT pada Spotify tersebut sedang dalam status uji coba yang saat ini menyertakan preview NFT untuk artis seperti Steve Aoki dan The Wombats.

“Spotify sedang menjalankan tes di mana itu (fitur NFT) akan membantu sekelompok kecil artis mempromosikan penawaran NFT pihak ketiga mereka yang ada melalui profil artis mereka,” ujar juru biara Spotify dalam sebuah pernyataan kepada Music Ally.

Fitur NFT
Foto: Unsplash/Sgdesignco

Spotify Lakukan Uji Coba Fitur NFT

Menurut pernyataannya pada Music Ally, Spotify kini secara ruti melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman artis dan penggemar. Beberapa tes dari mereka dapat dikatakan sebagai wujud dari membuka jalan bagi pengalaman yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting.

Kini, lebih banyak perusahaan mencoba menangkap gelombang NFT. Namun, sepertinya lonjakan awal tersebut dapat mereda.

Fitur NFT
Foto: The Verge

Menurut The Wall Street Journal, penjualan NFT harian kini telah turun 92% dari 225.000 pada September tahun lalu. Dimana kini hanya menjadi 19.000 pada 3 Mei. Jumlah dompet NFT aktif juga menurun dari sekitar 119.000 di bulan November menjadi 14.000 menjelang akhir April.

Sementara, itu Spotify juga akan memberi pengguna opsi untuk “See More”. Opsi tersebut akan mengarahkanmu ke halaman NFT di OpenSea tempat kamu dapat membelinya.

Fitur NFT
Foto: Unsplash/Fixelgraphy

Namun, sepertinya Spotify tidak mendukung NFT yang berupa video atau GIF. Platform tersebut hanya menampilkan gambar statis NFT pada aplikasi, bukan video penuh.

Spotify sendiri tidak menambahkan suara yang agak anaeh untuk platform streaming musiknya. Paradiva hanya dapat mendengarkan NFT atau melihat video maupun GIF dengan mengklik pada halamannya di OpenSea.

Menurut Music Ally, Spotify tidak akan mengumpulkan komisi untuk setiap penjualan NFT yang dilakukan melalui aplikasi dan hanya menguji integrasi. Fitur NFT tersebut juga tidak jelas apakah hanya terbatas untuk Steve Aoki dan The Wombats untuk saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini