Mark Zuckerberg Cabut dari 10 Orang Terkaya di Amerika

0
CEO Mark Zuckerberg

Gadgetdiva.id — Raksasa teknologi Amerika, Mark Zuckerberg tak lagi menjadi bagian dari 10 orang terkaya di Amerika Serikat. Alias di dalam negerinya sendiri.

Sempat menuduki puncak miliarder sabgai orang terkaya ketiga di muka bumi ini, Mark Zuckerberg justru sekarang turun dari peringkatnya. Namanya sudah tak ada dalam jajaran 10 orang terkaya di Amerika Serikat.

Menjadi penurunan pertama kalinya sejak 2015, CEO Meta tersebut tak lagi berada dalam daftar sepuluh besar orang Amerika terkaya. Saat ini, Mark Zuckerberg memiliki tempat No. 11 dalam daftar 400 Orang Terkaya di Amerika Serikat versi Fobes.

Mark Zuckerberg tak lagi jadi 10 orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes

Menurut informasi dari Forbes, Mark telah kehilangan total 76,8 Miliar USD atau sekitar Rp 1,1 Triliun sejak September 2021. Terhitung lebih dari setengah kekayaannya. Hal tersebut disebabkan penurunannya saham Meta dalam beberapa waktu ini, sumber besar dari kekayaannya.

Di masa kejayannya sebagai orang terkaya ketiga di planet Bumi, Mark diperkirakan memiliki kekayaan bersih 81,6 Miliar USD atau sekitar Rp1,2 Triliun. Peringkat yang menempatkannya di depan miliarder Warren Buffet dan raksasa teknologi terkaya pertama dan kedua di dunia pada tahun 2018 — Jeff Bezos dan Bill Gates.

Meskipun runtuhnya pasa saham telah melumpuhkan banyak miliarder teknologi, sekaligus menajdi sumber dari kekayaan mereka, tidak ada seorang pun di Silicon Velley yang terluka seperti pendiri Facebook.

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg and Priscilla Chan. (Chan Zuckerberg Initiative)

Sebagian yang harus disalahkan atas penurunan kekayaan Mark ini adalah pilihannya sendiri untuk mengalihkan citra Facebook menjadi Meta. Berikut pula dengan perombakan komitmen dan perombakan sumber daya untuk membangun metaverse yang sangat dinanti.

Sejak tahun lalu, ketika Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan, saham meta telah anjlok. Nilainya, yakni sekitar 60 persen.

Mark Zuckerberg

Faktor lainnya adalah pendapatan iklan yang dulunya dengan mudah digali dari platform media sosial andalannya, Facebook, tidak begitu mudah disadap lagi. Ini menjadi sangat meningkat sejak perubahan Apple iOS 14 membuat semkin sulit bagi pengiklan untuk melacak pelanggan potensial, sehingga menimbulkan masalah serius bagi Zuckerberg karena perusahan sangat bergantung pada penjualan data pengguna tertentu.

Sementara itu, miliarder Amerika lainnya yang berhasil menungguli Mark Zuckerberg tahun ini dan masuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di Amerika Seiktar adalah pewaris Walmart Jim Walton, pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page. Serta, mantan CEO Microsoft Steve Ballmer.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini