SehatQ luncurkan aplikasi konsultasi dokter, bantu pengguna hidup sehat!

0
Aplikasi SehatQ konsultasi dokter

SehatQ merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital yang dalam kurun waktu kurang dari setahun setelah berdiri pada November 2018 lalu, SehatQ telah menjangkau ratusan rumah sakit, klinik serta laboratorium klinik.

Setelah setahun meluncurkan situs webnya, SehatQ meluncurkan aplikasi untuk memudahkan penggunanya menjaga kesehatan. Aplikasi SehatQ menghadirkan dua fitur utama, yakni Chat Dokter dan Booking Dokter serta tersedia dalam dua versi Android dan iOS.

“SehatQ menawarkan konsep Sehat Dalam Genggaman, apapun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi. Dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik,” jelas Linda Wijaya, selaku Founder dan CEO SehatQ.

Dengan adanya fitur Chat Dokter, pengguna dapat berkonsultasi secara realtime dengan tim dokter SehatQ yang berpengalaman. Untuk fitur Booking Dokter, pengguna dapat memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih 8.000 dokter yang terdaftar dalam direktori SehatQ.

“Bagi rumah sakit dan klinik, fitur ini membantu penjadwalan pasien rawat jalan sehingga layanan untuk pasian lebih baik dan efisien,” tambah Linda.

Baca juga, Ciptakan hidup sehat, The FIT Company gandeng tiga startup lokal

Topik teratas dalam Fitur Chat Dokter SehatQ

Sebelumnya, fitur Chat Dokter SehatQ tersedia di website dengan fitur yang terbatas. Berdasarkan data pengguna sepanjang Juni-September 2019 menggambarkan bahwa mayoritas pengguna memanfaatkan layanan untuk berkonsultasi tentang keluhan ringan dan cara mengatasinya. Tetapi, 36% pengguna yang lain membutuhkan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter.

“Jadi fitur Chat Dokter SehatQ tidak menggantikan peran fasilitas kesehatan, melainkan mengarahkan pengguna mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatannya,” kata Linda.

Lima topik yang paling banyak di diskusikan dengan dokter, melalui layanan Chat Dokter SehatQ adalah kesehatan kulit, Seks dan kesehatan organ reproduksi, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, hingga kesehatan mental.

Pengguna manfaatkan fitur Chat Dokter SehatQ  untuk kebutuhan ini

Banyak pengguna yang berdiskusi dengan dokter melalui fitur Chat Dokter untuk tiga tujuan berikut, yaitu:

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Mencari tahu tentang gangguan kesehatan yang dialami, penyebabnya, dan pencegahan, atau tips hidup sehat.

  1. Bertanya tentang gejala tertentu

Mencari tahu tentang arti dari gejala tertentu yang dialami

  1. Mencari informasi tentang obat

Mencari informasi tentang obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dialami

Diluar tiga hal tersebut, sejumlah pengguna pun menggunakan fitur Chat Dokter SehatQ untuk meminta rujukan dokter spesialis yang tepat untuk kondisinya, atau meminta bantuan menjelaskan hasil tes laboratorium, seperti kadar gula darah dan level kolestrol.

Para pengguna fitur Chat Dokter SehatQ

Para pengguna Chat Dokter SehatQ datang dari berbagai usia dan daerah. Berdasarkan data pengguna Juni-September 2019 didominasi oleh para kaum wanita sebesar 60% sedangkan untuk kaum laki-laki sebesar 40% dengan rentan usia 18-35 tahun sebesar  77%, 36-53 tahun sebesar 10% dan lainnya sebesar 13%, dan pengguna terbanyak berlokasi di daerah Jawa Barat sebesar 25%, Jakarta 14%, Jawa Timur 11% dan lainnya sebesar 45%.

“Berdasarkan temuan-temuan di atas, SehatQ berharap dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan menawarkan layanan yang lebih baik ke depannya melalui fitur-fitur yang lebih beragam,” tutur Linda.

Linda menjelasakan, SehatQ pun terus memperlebar jaringan mitra layanan kesehatannya, dari yang saat ini berjumlah lebih dari 2.000 dokter di hampir 300 fasilitas.

Nah, aplikasi SehatQ ini bermanfaat banget kan, girls? Ayo konsultasikan kesehatanmu denga fitur Chat Dokter di SehatQ, ya!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan