Desain UI/UX dari Generasi Z untuk LINE Ramadan

0
174

LINE Ramadan merupakan salah satu layanan dari LINE Indonesia yang dihadirkan untuk menyambut Ramadan setiap tahunnya. Tahun ini, pengikut layanan tersebut telah mencapai lebih dari 11 juta yang kebanyakan berasal dari Generasi Z.

Salah satunya adalah Farhan Ramadan, UI/UX Designer yang mengembangkan desain dari LINE Ramadan. Desain yang dikembangkan Farhan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tujuannya agar penglaman pengguna dalam mengikuti LINE Ramadan lebih baik.

“Membentuk masa depan  dengan teknologi LINE,” kata Farhan Ramadan, UI/UX Designer LINE Indonesia. “Sebagai  UI/UX Designer, saya memiliki kewajiban untuk memastikan pengalaman pengguna saat  menggunakan produk ini secara langsung. Pengalaman yang lebih baik tentunya akan membuat  pengguna tetap memanfaatkan layanan kita.”  

Tiap Tahun Desain UI/UX Line Ramadan Dibuat Berbeda

Berbeda dari tahun sebelumnya, desain UI/UX Line Ramadan tahun ini dipengaruhi oleh kondisi pandemik yang saat ini masih terjadi di seluruh dunia. Dimana kondisi menjaga jarak masih harus diterapkan demi menjaga kesehatan.

Tujuan utama hadirnya LINE Ramadan adalah untuk mematahkan kesan negatif yang timbul atas situasi pandemik ini. LINE berharap dengan adanya desain baru ini, LINE Ramadan dapat membawa suasana yang menyenangkan di antara masyarakat. Baik yang menjalani Ramadan maupun tidak.

Selain itu, desain tahun ini juga  berusaha untuk memberikan kesan kebersamaan yang erat dengan suasana Ramadan. Proses desain UI/UX LINE Ramadan pun melalui sejumlah tahap.

Sebagai UI/UX Designer,  Farhan akan memulai untuk menarik garis besar terhadap masalah dan tujuan dari desain produk  bersangkutan. Data dan informasi dari pengguna pada tahap ini dinilai penting. Selain itu, laporan  dari produk sebelumnya juga tidak kalah penting. Setelah semua proses riset selesai, maka proses  untuk merancang alur dan tampilan dari produk bisa dimulai. 

“Jika dirasa ada hal yang kurang atau ada rancangan UI/UX yang baru, maka saya akan  melakukan riset berikutnya untuk menguji desain tersebut,” jelas Farhan. Mengenai nilai desain  yang harus dipenuhi, Farhan percaya bahwa desain yang intuitif adalah salah satu nilai penting di dalam desain.

Ia berkata, “Jika kita gagal merancang desain secara intuitif, maka kita cenderung  untuk mendesain hasil desain yang gagal tersebut. Artinya, kita lebih fokus ke masalah di hasil  desain kita, bukan ke masalah pengguna.”  

Desainer UI/UX yang mengembangkan layanan LINE selalu bersifat holistik saat merancang  produk karena tidak hanya fokus pada pengguna yang memakai produk atau layanan LINE saja.  Semuanya dipikirkan secara keseluruhan termasuk mempertimbangkan berbagai ide dari berbagai  perspektif.

“Hal ini menjadi penting untuk mengumpulkan berbagai opini lain sehingga desain  UI/UX yang dirancang tidak hanya bersifat consumer-oriented, tetapi juga memperhatikan keseimbangan dari berbagai segi, seperti bisnis, strategi, dan teknologi” jelas Farhan. 

Desain UI/UX Layanan LINE dan tools yang digunakan

Hal pertama yang dilakukan oleh Farhan saat akan mulai mendesain produk adalah memposisikan  diri sebagai user dengan cara mencoba ragam aplikasi yang sudah ada sehingga dapat lebih  memahami pengalaman users. Ia bisa mendapatkan inspirasi terkait arsitektur informasi, masalah  apa saja yang mungkin muncul, atau mendapatkan inspirasi dari segi estetika layanan. 

Sebagai UI/UX Designer LINE Ramadan, Farhan menggunakan beberapa tools seperti Figma  yang bisa digunakan untuk berkolaborasi dengan berbagai stakeholders di LINE Indonesia. 

Sementara itu, untuk produk lain ia juga menggunakan Sketch dan Zeplin serta memanfaatkan  LINE WIKI untuk menyimpan seluruh informasi terkait proyek yang ia kerjakan, sedangkan untuk  melakukan riset ia memanfaatkan LINE Call, LINE Video, atau LINE Meeting. 

Di dalam prosesnya, kolaborasi antara tim Produk dan tim Marketing tidak bisa dipisahkan. Karena  pada dasarnya, jika suatu produk berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik, maka  pengguna akan dengan sendirinya memasarkan produk tersebut ke orang-orang di sekitarnya.  Sehingga kolaborasi antara kedua tim tersebut harus terus dijaga. 

Meski terlihat mudah, namun proses desain ini selalu memiliki tantangan tersendiri di dalamnya.  “Tantangan utama saat merancang produk selalu berbeda, tetapi yang terpenting adalah  bagaimana kita menerima tantangan tersebut sebagai cara bagi kita untuk menciptakan produk  yang lebih baik,” jelas Farhan. “Satu hal yang penting adalah bagaimana kita bisa objektif terhadap  produk yang kita hasilkan dan fokus dengan tujuan utama,” tutupnya. 

LINE Ramadan hadir setiap tahun sebagai layanan yang ditunggu-tunggu bagi pengguna LINE.  Melalui desain yang intuitif dan interaktif, LINE Ramadan berupaya untuk mendekatkan jarak. 

Baca juga, LINE Creators Market Capai Angka Penjualan di Atas 13,2 Triliun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here