WhatsApp Hadirkan Fitur Transfer Chat History dari Android ke iPhone

0
46
Transfer chat history
Foto: Unsplash/Mourizal Zativa

Gadgetdiva.id — WhatsApp menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk melakukan transfer chat history dari Android ke iPhone. Fitur transfer chat history ini masih dalam bentuk beta yang diluncurkan pada Selasa (4/6) lalu.

Bentuk history chat yang dapat ditransfer tersebut bisa berupa teks, foto, video dan voice messages yang dari ponsel Android ke iPhone melalui aplikasi Apple’s Move to iOS. Sebelum adanya fitur transfer chat history ini, Paradiva hanya memiliki opsi untuk transfer obrolan dari iPhone ke Android.

Transfer chat history
Foto: Getty Images

Kemampuan untuk transfer data WhatsApp dari Android ke iPhone diluncurkan dalam versi beta. Mulai hari ini tetapi akan memakan waktu sekitar satu minggu untuk menjangkau semua pengguna.

“Kami menambahkan ke WhatsApp kemampuan untuk beralih antar ponsel dengan aman dan mentransfer history chat, foto, video dan pesan suaramu antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi end-to-end,” kata Mark Zuckerberg selaku CEO Meta.

Mark menambahkan bahwa fitur transfer chat history ini merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna. Alasan pihaknya meluncurkan kemampuan ini adalah untuk memudahkan pengguna yang ingin beralih dari menggunakan perangkat Android ke iPhone, begitu pula sebaliknya.

WhatsApp sendiri mencatat bahwa proses transfer hanya berfungsi pada iPhone baru atau pengaturan ulang pabrik. Paradiva juga harus menjalankan Anrdoir 5 atau lebih tinggi pada perangkat Android dan iOS 15.5 pada iPhone-mu.

Transfer Chat History
Foto: Unsplash/Christian Wiediger

Cara Menggunakan fitur Transfer Chat History WhatsApp

Untuk memulai, Paradiva perlu membuka aplikasi Move to iOS pada ponsel Android-mu. Setelah itu, abru ikuti petunjuk yang ada pada layar.

Setelah kamu mengikuti petunjuknya, sebuah kode akan ditampilkan pada iPhone-mu. Paradiva juga akan diminta untuk memasukkan kode pada ponsel Android-mu.

Kemudian, Paradiva perlu mengetuk opsi Continue dan kembali mengikuti petunjuk pada layar. Selanjutnya, pilih WhatsApp pada layar, lalu klik Transfer Data.

Transfer chat history

Paradiva kemudian dapat memulai proses dengan memilih opsi Start pada ponsel Android-mu. Kamu kemudian harus menunggu WhatsApp untuk menyiapkan datamu agar dapat diekspor. Setelah data disiapkan, Paradiva akan keluar dari ponsel Android-mu.

Kamu kemudian perlu pilih opsi Next untuk kembali ke apliaksi Move to iOS. Selanjutnya, Paradiva perlu klik Continue untuk transfer data dari ponsel Android kamu ke iPhone. Setelah itu, tunggu Move to iOS untuk mengonfirmasi bahwa proses transfermu telah selesai.

Untuk menggunakan kemampuan ini, pastikan Paradiva sudah melakukan install pada WhatsApp versi terbaru dari App Store. Kemudian, masuk menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang kamu gunakan dalam perangkat lamamu. Paradiva kemudian akan diminta untuk memilih opsi Start untuk memungkinkan proses diselesaikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini